Selasa, 25 Juli 2017

Pengantar Teknologi Game

Bab 4 IMPLEMENTASI

Dalam game ini hasil permainan yang didapat berupa menang, kalah, atau seri. Hasil permainan dinyatakan menang jika simbol dari salah satu pemain (player atau komputer) telah tersusun membentuk garis diagonal, vertikal, atau horizontal, sedangkan pemain yang lain dianggap kalah. Hasil permainan dinyatakan seri jika simbol dari kedua permain tidak ada yang tersusun membentuk garis diagonal, vertikal, atau horizontal, serta semua bidak papan permainan telah terisi. Dengan adanya kecerdasan buatan yang mampu meminimalisir kemungkinan untuk pemain (manusia) menang, game ini akan menjadi sangat sulit untuk dimenangkan oleh pemain (manusia). Bahkan kemungkinan terbaik untuk pemain hanyalah seri. Dengan kata lain, dengan menggunakan algoritma, komputer tidak akan kalah (Gustania, 2011).



Kondisi Game jika kita sudah kalah oleh bot yang dibuat oleh arduino

Bab 5 PENUTUP

5.1 Kesimpulan

Game tic-tac-toe merupakan permainan klasik berjenis permainan papan (board-game) dengan papan permainan berukuran 3x3. Board-game adalah permainan dengan kepingan-kepingan yang ditempatkan di atas, dipindahkan atau digerakkan di atas suatu permukaan khusus, permukaan khusus itu disebut papan permainan. Dalam game tic-tac-toe terdapat sembilan buah ruang (3x3) berbentuk kotak yang bersekat (bidak). Game ini menggunakan dua simbol pemain yaitu X atau O. Game ini dimulai dengan mengisi salah satu bentuk simbol pada salah satu bidak, hingga tiga buah simbol yang berbentuk sama tersusun membentuk garis diagonal, vertikal, atau horizontal. Hasil permainan dinyatakan menang jika simbol dari salah satu pemain (player atau komputer) telah tersusun membentuk garis diagonal, vertikal, atau horizontal, sedangkan pemain yang lain dianggap kalah. Game ini biasanya dimainkan oleh dua orang pemain, tapi pada versi game berbasis komputer, pemain lawan dapat digantikan oleh komputer.

DAFTAR PUSTAKA

1. https://chikhungunya.wordpress.com/2011/05/26/definisi-game-dan-jenis-jenisnya/

2. https://hakkajiten.wordpress.com/index/pengantar-teori-game/pengertian-game/

3. http://dinyfr.blogspot.co.id/2013/10/3d-engine-dan-scene-graph_20.html

4. https://witanduty.wordpress.com/6/

5. https://g2hcombro.wordpress.com/sejarah-perkembangan-game/

6. Anderson, John A. (1994). Foundations of Computer Technology. London: Chapman and Hall.

7. Barfield, Woodrow, & Dingus, Thomas A. (1998). Human factors in intelligent transportation systems. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

8. Baumann, Konrad , & Thomas, Bruce. (2001). User interface design for electronic appliances. London: Taylor & Francis.

9. Dhir, Amit. (2004). The Digital Consumer Technology Handbook: A Comprehensive Guide to Devices, Standards, Future Directions, and Programmable Logic Solutions. Oxford: Elsevier Science.

10. Lipták, Béla G. (2006). Instrument Engineers' Handbook: Process control and optimization. Boca Raton: CRC Presss

11. http://www.instructables.com/id/Tic-Tac-Toe-Arduino/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar